Kekalahan Timnas Indonesia dari Malaysia ,Hamka Hamzah Bicara Faktor Nonteknis

Kekalahan Timnas Indonesia dari Malaysia ,Hamka Hamzah Bicara Faktor Nonteknis – Kapten tim Arema, Hamka Hamzah, angkat berkata berkenaan kekalahan 2-3 Timnas Indonesia di laga perdana Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia atas Malaysia (5/9/2019).

Kekalahan Timnas Indonesia dari Malaysia ,Hamka Hamzah Bicara Faktor Nonteknis

Banyak suporter Timnas Indonesia kecewa lantaran laga ini digelar di kandang sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Namun, Hamka mengimbuhkan uraian tersedia segi nonteknis yang membuat permainan Evan Dimas dkk. tak maksimal.

“Saya bisa berkata di luar teknis. Timnas kemarin merasakan beban yang lebih berat karena main di kandang sendiri. Faktor kedua, bermain di SUGBK dengan kuantitas penonton yang banyak membuat oksigen tipis dan mulai pengap. Itu membuat daya cepat habis sehingga babak ke-2 banyak diserang Malaysia,” kata pemain yang pernah jadi kapten Timnas Indonesi ini.

Lantas, kenapa Timnas Malaysia senantiasa bisa maksimal, meski bermain di stadion yang pengap? Hamka ternyata udah miliki jawabannya.

“Pertama, Malaysia miliki beban yang lebih enteng karena sebagai tamu. Yang kedua, uji cobalah sebelumnya, Malaysia bermain di Stadion Nasional, Bukit Jalil. Di sana keadaan stadionnya mirip Stadion GBK, Sementara Timnas Indonesia uji cobalah di stadion lain,” jelasnya.

Tetapi, untuk laga selanjutnya, melawan ThailandPasang Bolaterhadap Selasa (10/9/2019), Hamka percaya Timnas Indonesia bisa lebih baik karena pemain udah adaptasi dengan bermain di stadion termegah di Indonesia itu.

“Saya sempat merasakan sementara Arema melawan Persija (putaran pertama Shopee Liga 1 2019). Rasanya sampai agak ada masalah bernapas,” ungkapnya.

Sebelum merintis Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia merintis pemusatan latihan di Stadion Pakansari, Bogor. Uji cobalah yang dijalankan terhitung tanpa penonton sehingga pemain tidak memperoleh atmosfer pertandingan melawan tim rival, Malaysia.

“Selain itu, aku memandang tidak banyak pemain timnas saat ini yang miliki pengalaman melawan Malaysia di level senior. Jadi, rivalitasnya mungkin baru dirasakannya kemarin,” imbuhnya.

agent six

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *